Pelatih Chelsea Luiz Felipe Scolari 2008 – 2009

Penunjukan Scolari diumumkan pada bulan Juni 2008 saat dia masih bertugas di Portugal di Kejuaraan Eropa di Austria dan Swiss, sebuah peran yang telah dia lakukan sejak tahun 2002, tahun dia juga merupakan pemenang Piala Dunia dengan penduduk asli Brasil. piala dunia 2018

Selama lima tahun bersama Portugal, dia menjadi jadwal piala dunia 2018 rusia akrab dengan sejumlah pria Chelsea – Paulo Ferreira dan Ricardo Carvalho pada khususnya, sementara satu-satunya penandatanganan permanennya di Stamford Bridge adalah Deco, playmaker Barcelona berpengalaman yang telah menjadi titik tumpu Portugal Scolari.

‘Big Phil’ telah berada di manajemen lebih dari 25 tahun saat mendarat di SW6, setelah memenangkan dua gelar Copa Libertadores dan sejumlah kejuaraan domestik di Brasil dan di seluruh dunia, terutama di Jepang bersama Jubilo Iwata dan Al-Ahli di Saudi Arab. Ia juga pernah mengalami sepak bola internasional dengan Kuwait.

Waktu Scolari di Chelsea diingat dengan kekecewaan, dan mungkin dia bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi pada seorang Manchester City yang baru kaya tidak mengalahkan kami untuk menandatangani Robinho pada batas waktu transfer pada bulan Agustus 2008.

Tanpa ‘Plan B’ rekan senegaranya mungkin telah memberikan kepadanya, taktik Scolari sering tampak dapat diprediksi, dengan memanfaatkan punggung yang menyerang untuk menawarkan lebar sementara gelandang akan bergabung dalam serangan tersebut.

Pada kehidupan pertama cerah – kemenangan 4-0 atas Portsmouth pada hari pembukaan musim ini menunjukkan sepak bola yang hebat, dan pada pertengahan Oktober kami tidak terkalahkan dan berada di puncak klasemen. Kemudian terjadi sebuah bencana yang relatif berat, kekalahan tuan rumah melawan Liverpool, dan berakhirnya pertandingan liga tak terkalahkan 86 kali di Bridge, sebelum Arsenal juga berhasil menang sebulan kemudian.

Retak mulai muncul, dan tanda tanya muncul karena keengganan Scolari untuk menggunakan Didier Drogba, dan tim mempertahankan set-pieces sebagai Fulham pertama, kemudian Southend United dan Ipswich Town yang rendah mendapat pertahanan yang lebih baik dari biasanya.

Kekalahan 3-0 di Manchester United pada Januari 2009 membuktikan titik nadir dari masa jabatan Scolari yang menyenangkan, gelar Liga Primer semuanya namun menyerah lagi untuk musim ketiga saat Man United dan Liverpool dibiarkan berjuang keluar.

Hasil imbang 0-0 di kandang melawan Hull yang terancam degradasi adalah jerami terakhir saat Chelsea tergelincir ke posisi keempat dalam klasemen, dan Scolari dipecat hanya 244 hari setelah pengangkatannya diumumkan.